Sedikitnya teman perjalanan, harga sebuah kemuliaan.

Rabu, 01 Januari 2014

#1Hari1Ayat: HARI PERTAMA


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. [QS. Al-Fatihah (1): 1]

Alloh adalah Nama Dzat Yang Paling Suci; Dzat yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya; Dzat yang tidak membutuhkan mahlukNya, namun dibutuhkan oleh mahlukNya.

Pemurah (ar-Rahman) adalah salah satu sifat Alloh Ta'ala yang memberi pengertian bahwa Alloh Ta'ala bersifat welas asih, melimpakan karuniaNya kepada semua mahlukNya.

Penyayang (ar-Rahim) adalah salah satu sifat Alloh Ta'ala yang selalu melimpahkan rahmatNya kepada mahlukNya yang senantiasa taat dan bertakwa.


Setiap kita membaca surat Al-Fatihah ataupun surat lain dalam Al-Qur'an, pastilah kita akan membaca dengan bacaan basmalah terlebih dahulu. Kecuali satu surat yang tidak diawali dengan basmalah yaitu pada surat At-Taubah. Mengapa bisa demikian? Berikut penjelasan yang diberikan oleh para ahli tafsir.


Mereka mengikuti Amirul Mukminin Utsman bin Affan Radhiyallahu 'Anhu. Al-Tirmidzi  mengeluarkan satu riwayat dalam sunannya dengan sanad yang sampai kepada Ibnu Abbas Radhiyallahu 'Anhuma, yang mempertanyakan kepada Utsman bin Affan tentang latar belakang keputusannyamenggandengkan Al-Anfal (padahal ia termasuk jenis al-Matsani, -ayatnya kurang dari seratus-) dan mempelakukan Bara'ah (padahal ia bagian dari Mi-uun, -jumlah ayatnya seratus lebih-) tanpa memberikan pembatas "Bismillahirrahmanirrahim" pada keduanya, dan meletakkannya pada Sab'un Thiwal (tujuh surat yang paling panjang). "Apa yang sebab kalian melakukan itu?" tanyanya.


Lalu Utsman menjawab, "Adalah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam pada suatu masa turun kepada beliau beberapa surat yang ayatnya banyak, maka apabila turun sesuatu kepada beliau maka beliau memanggil sebagian orang yang bertugas menuliskan wahyu, lalu beliau bersabda: "Letakkan ayat-ayat itu dalam surat yang disebutkan di dalamnya begini dan begitu." Apabila turun satu ayat kepada beliau maka bersabda, "Letakkan ayat ini di dalam surat yang di dalamnya disebutkan begini dan begitu." Dan adalah Al-Anfal termasuk bagian surat yang pertama-tama diturunkan di Madinah. Sedangkan Bara'ah termasuk Al-Qur'an yang terakhir turun (di sana). Isinya (Bara'ah) mirip dengan isi Al-Anfal, maka aku mengira bahwa Bara'ah bagian dari Anfal. Kemudian Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam wafat dan belum sempat menjelaskan hal itu kepada kami. Oleh karena itu aku menggandengkan antara keduanya dan tidak menuliskan di antara keduanya Bismillahirrahmanirrahim. Lalu aku meletakkannya dalam bagian Sab' Thiwal." (Dinukil dari Fatawa Lajnah Daimah: 4/225)

Selain dibaca pada setiap awal surat di dalam Al-Qur'an, bacaan basmalah tersebut kita sebut setiap memulai mengerjakan perbuatan aktivitas yang baik. Misalkan saat akan memulai makan, minum, menyembelih binatang yang akan dimakan, memulai suatu pekerjaan, dan lainnya.

Hal ini sekaligus mengingatkan kepada kita. Bahwa hanya dengan pertolongan Alloh saja semua kebaikan itu akan mengalir. Hanya kepada Alloh Ta'ala saja kita mohon bimbingan. Agar pekerjaan kita menghasilka sesuatu yang baik. Tentu saja dengan harapan juga agar diberkahi oleh Alloh Ta'ala.

Maka sepatutnyalah setiap saat, setiap waktu, kita kerjakan hal yang kelihatannya sepele ini. Sebab manusia sesungguhnya dalam keadaan lemah iman. Kecuali tanpa pertolongan Alloh Ta'ala.



6 komentar:

  1. Ya, hanya pertolongan Allah lah, yang membuat kita bisa beraktifitas..
    Salam.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam.
      Matur nuwun mas Rosyid.
      Salam juga untuk keluarga di Probolinggo.
      Jazaakumulloh khoiron.

      Hapus
  2. Bismillah...
    dapat masukan ilmu membaca ini Ustadz..
    semoga makin banyak blog Islami yang melahirkan tulisan berkualitas
    Alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Afwan, saya malah harus belajar ke njenengan untuk menghasilkan tulisan berkualitas. Membaca karya njenengan hati menjadi adem. Jadi semakin semangat saya untuk menulis.
      Perjalanan waktu untuk belajar tak sebanding dengan waktu yang kita sia-siakan.
      Semoga Alloh Ta'ala selalu limpahkan kesehatan dan kebaikan untuk kita semua.

      Hapus
  3. Setelah One Day One Juz, muncul #1hari1ayat. Alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. berangkat dari yang paling sederhana mas arif.
      sesuatu yang besar pasti berangkat dari yang kecil.
      matur nuwun...

      Hapus

Popular Posts

Total Tayangan Halaman

Powered By Blogger
By Nuzulul Arifin. Diberdayakan oleh Blogger.

Tukar Link Yuk...

Create your own banner at mybannermaker.com!

Translate